Pelatihan Mengelola Administrasi dan Keterampilan Manajerial Untuk Sekretaris

Gambaran Pelatihan 

Program ini memberikan pengetahuan terkait pekerjaan sebagai Sekretaris, antara lain adalah kemampuan dalam mengelola administrasi, mengkoordinir manajemen administrasi kantor, melaksanakan kegiatan administrasi, pemeliharaan sarana dan prasarana dan menguasai keterampilan manajerial.

Kompetensi yang Dilatih

Melalui pelatihan ini, peserta diberikan pemahaman tentang pengelolaan administrasi perkantoran dan keterampilan manajerial yang dikuasai sekretaris. Hal ini penting agar peserta mendapatkan gambaran umum peran sekretaris, tugas administratif sekretaris seperti mengelola arsip, kas kecil, membuat materi presentasi, mengatur jadwal pimpinan, rapat, membuat notulen meeting, dan keterampilan manajerial yaitu berkomunikasi efektif, monitoring kinerja sistem administrasi.

Urutan Pembelajaran

Sesi 1: Peran dan Tugas Sekretris dalam Mengelola Administrasi

Sesi 2: Mengkoordinir Manajemen Administrasi Kantor

Sesi 3: Melaksanakan Kegiatan administrasi

Sesi 4: Melakukan administrasi pemeliharaan sarana dan prasarana

Sesi 5: Keterampilan Manajerial Sekretaris


Situasi Ideal :


Berdasarkan SSKNI No.183 tahun 2016, sekretaris perlu menguasai tugas-tugas yang mendukung administrasi bisnis dan harus memiliki kemampuan tinggi dalam kepemimpinan, kemampuan berkomunikasi, kemampuan layanan pelanggan dan mampu berinteraksi dengan seluruh staf/manajemen.


Situasi Faktual :


Ditinjau dari beberapa artikel seperti CNN Indonesia merekomendasikan pekerjaan dengan salah satu profesinya adalah sekretaris dan Kompas.com, peluang kerja untuk profesi sekretaris akan selalu terbuka lebar, sebab sekretaris merupakan salah satu posisi penting di suatu perusahaan. Namun kebutuhan tersebut tidak didukung oleh kompetensi calon sekretaris karena kurangnya keterampilan dalam pengelolaan administrasi dan ketrampilan manajerial yang dimiliki tidak sesuai dengan tantangan bisnis perusahaan saat ini.



Teknis Pelaksanaan Pelatihan : Daring


Langkah Akses Webinar :

Silakan ikuti pertemuan Webinar pada aktivitas Webinar dalam LMS, sesuai dengan jadwal dan tautan pertemuan yang sudah diberikan.

 

Kuota : 50 Peserta

 

Metode Evaluasi :

- Pre-Test

- Post-Test

- Formative Test

- Tugas Mandiri

- Unjuk Keterampilan


Keterangan :

1. Waktu penyelenggaraan unjuk keterampilan:

Dilaksanakan setelah melakukan post test dan dikumpulkan maksimal 3 hari setelah instruksi unjuk keterampilan diberikan atau setelah webinar sesi terakhir berakhir

2. Instruksi unjuk keterampilan:

Instruksi akan didapatkan di sesi terakhir webinar dan aktivitas unjuk keterampilan

 

Jenis Sertifikat:

  • Sertifikat Penyelesaian, diterbitkan jika peserta min.80% kehadiran dari keseluruhan sesi dan memiliki min.60% nilai post-test
  • Sertifikat Penyelesaian berpredikat "Sangat Memuaskan", diterbitkan jika peserta min.80% kehadiran dari keseluruhan sesi, memiliki min.60% nilai post-test dan min.80% nilai unjuk keterampilan

Langkah-langkah melihat sertifikat dan mengisi rating :

  1. Setelah semua aktivitas tercentang hijau dan progres menunjukkan 100%, maka akan muncul kolom rating dan silakan isi rating.
  2. Setelah itu, sertifikat akan langsung muncul dan dapat ditemukan di tab penilaian pada tombol "Lihat Sertifikat"

Periode Belajar

Durasi Belajar: 15 Jam

Jadwal Belajar: Pemaparan materi: 15:00:00 Pre-Post test: 00:40:00 Formative Test: 00:50:00 Unjuk Keterampilan: 02:00:00 Evaluasi: 00:10:00

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pelatihan Mengelola Pekerjaan Administrasi dengan Microsoft Office